5 Aktivitas Liburan Saat Di Jogja

Large cover  6

Selain dikenal sebagai kota pelajar, Jogja juga menjadi destinasi wisata yang sangat mengagumkan untuk dijadikan sebagai rekomendasi di akhir pekan ataupun saat libur panjang. Banyak spot menarik dan pastinya instagramable yang menjadi alasan traveling ke Jogja adalah sebuah keharusan bagi Anda yang menyukai aktivitas jalan-jalan. Jangan mengaku keren jika Anda belum mengunjungi kota yang sangat indah setelah Pulau Dewata.

                  Selain terkenal dengan pemandangan gunung, pantai dan juga perbukitan yang sangat menakjubkan, Yogyakarta juga memiliki segudang warisan budaya yang sarat akan nilai seni Jawa yang sangat kental. Wisatawan yang berdatangan dari berbagai wilayah dalam dan luar negeri akan dibuat takjub dengan segala warisan budaya dan leluhur yang masih dilestarikan. Terlepas dari itu semua, mengapa ke Jogja menjadi rekomendasi wisata yang menarik?

 


Aktivitas menarik untuk dilakukan selama berwisata di Jogja

                  Dari pertanyaan sebelumnya, bisa dijawab bahwa alasan traveling ke Jogja adalah adanya berbagai aktivitas menarik yang memang bisa dilakukan oleh wisatawan di Jogja. Aktivitas tersebut tidak hanya sebatas jalan-jalan saja, namun lebih kepada berbagai hal yang beberapa diantaranya memacu adrenaline Anda. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa aktivitas yang bisa dilakukan di Jogja.

1. Sandboarding di wilayah Gumuk Pasir Parangkusumo

Sandboarding Parangkusumo Jogja

(Sumber foto: Sewa Mobil Jogja)

Ketika Anda ditanya mengapa ke Jogja, maka Anda bisa menjawab bahwa ada sebuah aktivitas antimainstream yang bisa dijadikan sebagai pilihan di kala liburan. Dalam hal ini, Anda bisa mencoba sandboarding di sekitar Gumuk Pasir Parangkusumo. Dengan menggunakan papan seluncur, Anda bisa menyusuri gundukan pasir di sore hari. Untuk durasi penyewaan memiliki rentang antara Rp 100,000 hingga Rp 200,000 tergantung lamanya penyewaan.

2. Paralayang di atas pantai Parangtritis

Paranglayang Parangtritis Jogja

(Sumber foto: Transpesona)

Untuk Anda yang ingin mencoba aktivitas yang menantang adrenaline, Anda bisa mencoba paralayang yang akan mengantarkan Anda mengeksplorasi keindahan Parangtritis dari atas. Alasan traveling ke Jogja yang satu inilah kemudian membuat anak muda kekinian memutuskan untuk menghabiskan waktu liburan di Jogja. Selama di udara, jangan lupa untuk mengabadikan momen menggunakan kamera pribadi Anda.

3. Belajar membuat kerajinan gerabah

Kerajinan Gerabah Bantul

(Sumber foto: Eksotis Jogja)

Berwisata sekaligus belajar menjadi alasan traveling ke Jogja lainnya bagi mereka yang datang dengan keluarga. Anda bisa mengunjungi wilayah Bantul dan mencoba bagaimana membuat sebuah gerabah dari tanah liat. Hanya dengan membayar sebesar Rp 25,000 saja, Anda bebas bereksperimen dengan segumpal tanah liat untuk dibentuk sesuka hati Anda. Jangan lupa membawa souvenir juga dengan berbelanja di lokasi sekitar.

4. Belajar membatik tradisional

Membuat Batik Jogja

(Sumber foto: Berita Tagar)

Tidak kalah menariknya lagi, mengapa ke Jogja menjadi alasan bagi wisatawan baik itu umum ataupun pelajar. Pasalnya, selama Anda di Jogja, Anda akan berkesempatan untuk mempelajari bagaimana cara membatik dengan benar untuk menghasilkan motif yang menakjubkan. Tentu semua bisa dilakukan dengan ketlatenan untuk hasil yang bagus. Untuk menikmati aktivitas ini, Anda dikenakan biaya sebesar Rp 100,000.

5. Menikmati kuliner malam yang mengasyikkan

Angkringan Jogja Malam

(Sumber foto: Harnas)

Untuk Anda yang berkunjung ke Jogja tidak akan lengkap jika Anda tidak mencicipi berbagai kuliner lezat nan menggoda di sepanjang jalan kota Yogyakarta. alasan traveling ke Jogja yang satu ini juga membuat wisatawan berdatangan dari berbagai wilayah. Beberapa jenis kuliner yang bisa Anda nikmati adalah gudeg, oseng-oseng mercon, pecel ayam dan masih banyak lagi. Jangan lewatkan untuk mencicipi hangatnya kopi joss yang melegenda.

Banyak sekali hal yang menjadi alasan traveling ke Jogja sebagai rekomendasi wajib untuk menikmati Indonesia yang sesungguhnya. Nilai tradisi, budaya dan seni yang masih dipegang teguh oleh masyarakat sekitar dan ditransformasikan sebagai warisan luhur telah berhasil membuat kota pelajar ini didatangi wisatawan dari berbagai wilayah dalam dan luar negeri. Jadi, pastikan Anda mengunjungi Jogja di kala libur panjang atau akhir pekan tiba.

BACA JUGA: 5 Alasan Mengapa Anda Harus Mengunjungi Jogja

BACA JUGA: Blog Koperansel Lainnya

One Way Round Trip
Green switch
1

Berlangganan newsletter special promo dan penawaran terbaik