5 Kuliner Wajib dicoba saat di Manado

Large cover  13

Pergi liburan ke luar kota memang sangat menyenangkan, apalagi dapat menemukan sesuatu yang baru seperti makanan khas kota tersebut. Salah satu kota yang memiliki makanan khas dengan cita rasa super lezat yaitu Manado. Makanan khas Manado sungguh lezat dan membuat ketagihan. Anda harus mencoba kuliner wajib di Manado. Saat keliling ke tempat wisata Manado, usahakan mampir untuk mencicipi makanan khas Manado.


Kuliner Tradisional Manado Maknyus

                  Penasaran sekali ingin mencoba bagaimana rasanya makanan kuliner Manado. Sebelum mencicipinya, Anda perlu mengetahui makanan khas Manado apa saja yang direkomendasikan untuk dicicipi. Banyaknya makanan membuat Anda tidak dapat menentukan ingin mencicipi yang mana. Untuk itu berikut merupakan beberapa makanan khas Manado yang paling direkomendasikan kepada Anda.

1. Woku Belanga

Woku Belanga

(Sumber foto: resepdanmakanan.com)

Kuliner tradisional Manado Woku Belanga menjadi incaran utama wisatawan. Pasalnya makanan ini sangat lezat. Makanan dimasak menggunakan belanga yang terbuat dari tanah liat, sedangkan woku merupakan bumbu khas buatan Manado.

Bumbu woku terbuat dari bahan yang mudah ditemukan. Adapun bahan membuat woku belanga yaitu daun pandan, daun jeruk, kemangi, daun serai, daun kunyit, serta bumbu yang memiliki aroma lainnya. Tidak lupa tambahkan cabe agar rasanya makin lezat.

2. Dabu-dabu

Dabu Dabu Manado

(Sumber foto: Dapur KOBE)

Dabu-dabu menjadi kuliner wajib di Manado. Sebenarnya dabu-dabu merupakan penyedap rasa khas Manado yang dibuat dari beberapa bahan seperti irisan bawang merah, tomat, dan cabai. Irisan bahannya besar, sehingga rasa penyedap ini agak berbeda dan nikmat. Biasanya dabu-dabu dihidangkan bersama makanan ikan bakar atau olahan seafood.

3. Sambal roa

Sambal Roa Manado

(Sumber foto: Agrowindo)

Sambal roa terbuat dari ikan roa yang merupakan sejenis ikan terbang. Sambal ini rasanya nikmat, sehingga tidak boleh melewatkan mencicipi makanan ini saat di Manado. Ikan roa kering yang telah diasapi kemudian dicampur dengan cabe, lalu ditumbuk sampai halus dan dimasak dengan menambahkan sedikit minyak. Tambahkan bawang putih, bawang merah, tomat, gula dan garam yang sudah dihaluskan.

Sambal roa tidak bisa dinikmati langsung, karena rasanya pedas. Biasanya digunakan sebagai pelengkap memakan tinutuan. Di Manado sudah banyak yang menjual sambal roa dalam bentuk kemasan, jadi Anda bisa membelinya untuk dijadikan sebagai oleh-oleh.

Potong Harga Koperansel

4. Tinutuan

Tinutuan Manado

(Sumber foto: Masakandapurku)

Kuliner Manado tinutuan biasa digunakan sebagai menu sarapan. Tinutuan lebih mirip seper bubur namun dicampur dengan aneka macam sayuran hijau, bubuk beras dan labu kuning. Terkadang masyarakat mencampur tinutuan dengan jagung supaya rasanya semakin nikmat. Makanan tinutuan tidak hanya ditemukan pada warung pinggir jalan tetapi, makanan ini juga bisa ditemukan pada beberapa hotel Manado. Setiap pagi mereka menyajikan tinutuan untuk dinikmati oleh tamu hotel.

5. Cakalang fufu

Cakalang Fufu Manado

(Sumber foto: Tokopedia)

Cakalang fufu adalah makanan khas Manado yang dikenal sebagai tongkol putih. Cita rasa makanan cakalang fufu sudah tidak diragukan lagi, karena sangat lezat. Cita rasa enak diakibatkan oleh proses pemasakan yang berbeda yaitu diasapi. Pengasapan ikan membutuhkan waktu yang cukup lama.

Makanan cakalang fufu banyak dicari oleh wisatawan. Selain dimakan disana, cakalang fufu dapat dijadikan sebagai oleh-oleh karena ikannya termasuk awet. Jika Anda ingin membawa pulang cakalang fufu, bisa membelinya pada pasar tradisional Manado atau juga dapat di jembatan Sario.

Itulah berbagai macam kuliner khas Manado yang harus Anda coba ketika liburan kesana. Untuk rasa makanannya sudah tidak perlu dipertanyakan lagi, karena rasanya enak, sedap, gurih dan unik. Keunikannya terletak pada penggunaan bumbu khas Manado yang tidak ditemukan pada daerah lainnya.

Potong Harga Koperansel

Berlangganan newsletter special promo dan penawaran terbaik