7 Hal yang Pantang di Lakukan Ketika di Dalam Pesawat

Large cover  2

Pergi kemanapun menggunakan pesawat memang menyenangkan, karena tidak terkena macet dan waktu perjalanannya cepat. Kendaraan pesawat memiliki tata tertib yang harus dipatuhi oleh penumpang. Tujuan tata tertib dibuat agar tidak terjadi kendala atau kecelakaan selama penerbangan. Biasanya kecelakaan pesawat terjadi karena pengaruh cuaca, penumpang melakukan hal yang tidak boleh di lakukan di pesawat atau hal lainnya.

Hal yang Tidak Boleh di Lakukan di Dalam Pesawat Wajib Diketahui

Penumpang pesawat sering membuat kesalahan dalam pesawat. Mereka kurang memahami tata tertib yang telah dibuat, sehingga kesalahan sering dilakukan. Untuk itu Anda harus memahami lebih lanjut mengenai hal yang tidak boleh dilakukan di dalam pesawat pada berikut ini.

1. Tidak boleh merokok

(sumber foto: safetysign.com)

Hal yang tidak boleh dilakukan di dalam pesawat yaitu dilarang merokok. Asap rokok bisa membahayakan penerbangan, sehingga tidak ada yang boleh merokok sekalipun di dalam toilet pesawat. Lagipula asap rokok bisa membuat penumpang lain sesak napas. Jika Anda merokok dalam pesawat, pramugari akan memberikan announcement.
Setiba di bandara tempat tujuan, polisi bandara menangkap Anda karena tidak mematuhi tata tertib di pesawat. Polisi bandara bertugas sesuai dengan keputusan pilot pesawat, jadi Anda tidak bisa menghindari bila ada penangkapan.

2. Menyalakan dan menggunakan telephone sellular

(sumber foto: zazzle.com)

Godaan menggunakan smartphone selama di pesawat sangatlah besar. Ingin sekali mengambil beberapa gambar dan foto selfie. Sayangnya, Anda harus menahan untuk tidak menggunakan smartphone. Boleh saja menggunakannya selama pesawat belum lepas landas.
Akibat menggunakan smartphone selama penerbangan yaitu dapat menganggu jaringan sistem navigasi pesawat yang dapat menyebabkan kecelakaan. Menyalakan smartphone di pesawat bisa mempengaruhi frekuensi suara pilot dan pihak tower. Gangguan frekuensi komunikasi ini bisa berakibat fatal.

3. Jangan membawa peledak dalam pesawat

(sumber foto: realtonga.com)

Hal yang tidak boleh di lakukan di pesawat berikutnya yaitu membawa peledak. Pemeriksaan ketat dilakukan saat check in keberangkatan. Bila diketahui membawa bom atau peledak lainnya maka, Anda bisa mengalami masalah yang besar.
Meski tidak membawa bom dan hanya ingin bercanda, petugas bandara akan melaporkan Anda. Bisa jadi Anda ditangkap oleh polisi bandara. Sudah banyak penumpang pesawat bercanda mengenai membawa bom yang akhirnya dipenjara. Bahkan penumpang seperti pejabat daerah juga pernah mengalami hal tersebut.

BACA JUGA: 6 Aplikasi Smartphone yang Wajib Anda Miliki Saat Traveling

4. Duduk ditempat penumpang lain

(sumber foto: dmarge.com)

Tempat duduk di pesawat yang paling favorite adalah dekat jendela. Semua penumpang ingin duduk dekat jendela, tetapi sangat terbatas. Bila tidak mendapatkan tempat duduk favorite, jangan sekali-kali duduk di tempat orang lain karena bisa memicu terjadinya pertengkaran antar penumpang. Sebenarnya Anda tidak perlu merebut tempat duduk penumpang lain untuk dekat jendela karena bisa menggunakan cara lain.
Solusinya yaitu gunakan fasilitas web check in yang telah disediakan oleh pihak maskapai, dengan web check in Anda bisa mendapatkan tempat duduk favorite. Bila tidak bisa akses web check in tersebut, Anda dapat check in langsung lebih awal kemudian bertanya ke penumpang lain kalau ingin tukar tempat duduk. Cara ini lebih sopan daripada merebut tempat duduk secara paksa.

 

 

5. Tidak mendengarkan instruksi awak kabin

(sumber foto: orbitz.com)

Instruksi awak kabin harus di dengarkan karena mengandung informasi penting. Kadang terdapat penumpang yang tidak memperhatikan instruksi awak kabin, hal yang tidak boleh dilakukan dalam pesawat tersebut harus di hindari.
Informasi penting awak kabin yaitu tidak boleh menggunakan smartphone, menegakkan sandaran kursi, menutup meja saat lepas landas serta pada saat mendara, membuka penutup jendela, mengganggu lalu Lalang tim awak kabin, dan pengaturan tempat duduk agar seimbang.

6. Mengganggu penumpang lain

(sumber foto: tripit.com)

Melakukan kegiatan mengganggu penumpang lain merupakan hal yang tidak boleh dilakukan di pesawat. Contoh kegiatan mengganggu tersebut yaitu berbicara dengan suara keras, melempar barang ke tempat duduk lain, dan merendahkan sandaran kursi sampai membuat penumpang di belakangnya sempit. Sesama penumpang harus menghormati satu sama lain, jangan membuat gaduh sehingga membuat penumpang lainnya tidak nyaman.

7. Melakukan pelecehan seksual dalam pesawat

(sumber foto: timesnownews.com)

Terkadang pelecehan seksual terjadi dalam pesawat. Beberapa penumpang melakukan pelecehan terhadap awak kabin atau penumpang lain. Pelecehan seksual merupakan tindakan yang mengganggu dan bisa membuat pelakunya dipenjara. Bahkan kasus pelecehan ini pernah muncul dalam berita siaran TV. Akibat pelecehan seksual yang dilakukan, penumpang diturunkan secara paksa dan dilaporkan kepada pihak berwajib.

Itulah berbagai macam hal yang tidak boleh dilakukan dalam pesawat. Lebih baik menjauhi hal tersebut supaya penerbangan tidak terganggu. Bila penerbangan nyaman maka bisa membuat penerbangan lancar. Sebenarnya 7 informasi hal yang tidak boleh dilakukan di pesawat hanya sebagian kecil dari tata tertib penerbangan. Anda dapat membaca tata tertib lengkapnya ketika berada di bandara.

One Way Round Trip
Green switch
1

BACA JUGA: 5 Aktifitas Liburan Seru di Phuket

BACA JUGA: 5 Destinasi Wajib Anda Coba Ketika Berlibur ke Pattaya

BACA JUGA: Blog Koperansel Lainnya

Berlangganan newsletter special promo dan penawaran terbaik