Aneka Ragam Festival Tahunan Indonesia

Large aneka ragam festival tahunan indonesia
<

Keseruan Beragam Jenis Festival Tahunan Indonesia

Terdapat banyak jenis festival tahunan Indonesia yang memberikan keunikan dan kesan tersendiri. Sebagai warga Indonesia tentu akan sangat merugi jika anda tidak pernah berpartisipasi menyaksikan secara langsung keseruan beragam jenis festival yang ada di Indonesia.

Festival-festival tersebut menjadi salah satu daya tarik bagi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara untuk menjelajahi daerah-daerah di Indonesia. Kali ini kita akan membahas festival tahunan apa saja yang bisa anda temukan di negara kita tercinta Indonesia.

Berikut adalah 5 nama festival tahunan Indonesia yang memiliki keunikan masing-masing :


1. Festival Bau Nyale, Lombok

Festival Bau Nyale, Lombok

(sumber foto: kesiniaja.com)

Festival Bau Nyale merupakan festival menangkap cacing yang dilakukan di sepanjang pantai Lombok. Festival ini digelar setiap tahun pada bulan Februari. Kata Nyale merupakan sebutan cacing laut yang muncul di permukaan pantai setahun sekali.

2. Festival Tidore, Maluku Utara

Festival Tidore, Maluku Utara

(sumber foto: cdn2.tstatic.net)

Festival Tidore dilakukan untuk memperingati HUT kota Tidore. Festival ini biasanya digelar selama tiga hari pada bulan April. Di festival ini kamu bisa menikmati rangkaian acara budaya dan kegiatan adat dari Maluku.

BACA JUGA: Pilihan Wisata Murah Meriah Desember 2018 di Ibu Kota

3. Pesta Reba, NTT

Pesta Reba, NTT

(sumber foto: pewartanusantara.com)

Pesta Reba digelar sebagai sebuah peringatan untuk merayakan pergantian tahun. Pesta ini biasanya digelar di bulan Desember sampai Februari dengan puncak acara di bulan Januari. Salah satu hal yang menjadi ciri khas pesta ini adalah adanya acara makan ubi bersama diiringi tarian adat, Besa Uwi.

4. Festival Reog Ponorogo

Festival Reog Ponorogo

(sumber foto: phinemo.com)

Festival yang digelar di Ponorogo ini digelar setiap tahun yang digelar menjelang bulan Suro atau bulan Muharam. Festival ini digunakan sebagai peringatan menyambut tahun baru Islam. Anda bisa menyaksikan kesenian reog yang ditampilkan oleh peserta festival dari berbagai daerah.

5. Upacara Adat Tengger Yadnya Kasada, Gunung Bromo

Upacara Adat Tengger Yadnya Kasada, Gunung Bromo

(sumber foto: jelajahnesia.com)

Yadnya Kasada juga dikenal dengan nama upacara Kesodo. Upacara ini digelar setiap tahun yaitu pada hari ke-14 di bulan Kasada. Pada upacara ini para umat Hindu Tengger melakukan pelemparan sesaji ke kawah Gunung Bromo.

Itulah tadi beragam festival unik dan menarik yang digelar di Indonesia setiap tahunnya. Pastikan anda menyempatkan waktu untuk menikmati ragam jenis festival tahunan Indonesia.

One Way Round Trip
Green switch
1

BACA JUGA: Inspirasi Liburan 2018 : Destinasi Wisata Terbaik di Jogja

BACA JUGA: Pilihan Wisata Keluarga Oktober 2018 di Kota Bandung

BACA JUGA: Blog Koperansel Lainnya!

Berlangganan newsletter special promo dan penawaran terbaik