Manfaat Dan Cara Buat E-Passport Yang Wajib Anda Tahu!

Large cover

Disebutkan bahwa per 1 Desember 2014 silam, negara tirai bambu memberlakukan para wisatawan Indonesia untuk lebih mudah berlibur di Jepang tanpa harus memiliki visa. Dengan memanfaatkan e-passport, maka perjalanan wisata Anda akan menjadi lebih menyenangkan. Jika Anda tidak memiliki e-passport, maka Anda bisa menggunakan passport yang memiliki manfaat sama. Untuk diketahui bahwa manfaat passport adalah sebagai identitas diri saat di luar negeri.

Sayangnya, terkait dengan cara buat e-passport hanya bisa dilakukan di beberapa kantor imigrasi tertentu saja. Sebut saja di kantor imigrasi di Jakarta Selatan, Jakarta Barat, Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta Pusat, Surabaya, Batam dan Tanjung Priok. Sedangkan untuk pembuatan e-passport itu sendiri hampir sama prosedurnya dengan passport pada umumnya. Namun demikian, tampilan dari keduanya sangatlah berbeda.

Manfaat e-passport yang perlu Anda ketahui

Dibandingkan dengan passport pada umumnya yang berbentuk buku, keberadaan e-passport memberikan keuntungan tersendiri yang sangat besar sebagai identitas saat berkunjung ke luar negeri. Tanpa adanya passport di tangan Anda, bisa jadi Anda akan ditangkap pihak kepolisian negara setempat karena dianggap sebagai pengunjung yang illegal. Menyikapi hal itu, berikut beberapa manfaat e-passport yang bisa Anda dapatkan.

1. E-passport memiliki Chip

(sumber foto: sayabackpacker.wordpress.com)

E-passport memiliki Chip di dalamnya sehingga sangat sulit untuk dipalsukan karena chip tersebut berisi data biometri diri Anda sebagai pemegang passport

2. tidak perlu mengantri

(sumber foto: oxforddictionaries.com)

Khusus di wilayah Bali dan Jakarta, untuk mereka yang memiliki e-passport tidak perlu lagi mengantri panjang di imigrasi karena dengan adanya manfaat e-passport ini, maka Anda bisa menuju ke autogate untuk melakukan scan e-passport yang Anda miliki

3. Bebas Visa

(sumber foto: travelstart.com.sg)

Pemegang e-passport berksempatan untuk berkunjung ke Jepang selama kurang lebih waktu 15 hari tanpa harus membayar visa yang nominalnya cukup besar

BACA JUGA: 7 Alasan Mengapa Anda Wajib Traveling

Cara buat e-passport yang perlu Anda ketahui

Untuk Anda yang ingin memiliki e-passport, perlu diketahui bahwa cara ini bisa Anda lakukan dengan sangat mudah. Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan dalam kaitannya dengan cara buat e-passport. Pastikan semua berkas yang diperlukan telah siap.

1. Siapkan Dokumen

(sumber foto: ngelmu.com)

Foto copy KTP, akta kelahiran, kartu keluarga, ijazah, passport lama (bagi yang punya) dan juga akta pernikahan (bagi yang sudah menikah)

2. Kunjungi kantor imigrasi atau layanan online

(sumber foto: tangerang.imigrasi.co.id)

Untuk pendaftaran dalam cara buat e-passport bisa dilakukan secara langsung ke kantor imigrasi ataupun melalui online. Jika Anda memanfaatkan layanan online, Anda bisa mengunjungi laman https://ipass.imigrasi.go.id untuk melakukan pendaftaran. Selanjutnya Anda akan mendapatkan email dari spri@imigrasi.go.id sebagai tagihan yang harus dibayarkan melalui BNI.

3. Lakukan pembayaran

(sumber foto: kompas.com)

Lakukan pembayaran di bank yang ditunjuk untuk kemudian Anda bisa melanjutkan aplikasi e-passport dengan mengklik link yang dikirim melalui email.

4. Masukkan nomer jurnal Bank

(sumber foto: yunoya.id)

Masukkan nomer jurnal bank sekaligus lengkapi tanggal kedatangan Anda ke kantor imigrasi untuk melakukan wawancara sekaligus juga foto

5. Undangan Wawancara

(sumber foto:perpusku.com )

Anda selanjutnya mendapatkan surat undangan dari kantor imigrasi untuk melakukan wawancara dan proses lainnya pada tanggal dan waktu yang telah ditetapkan

6. Hindari mengenakan pakaian putih

(sumber foto: jcrew.com)

Hindari mengenakan pakaian putih agar baju Anda tidak menyerupai background yang ada

7. Ambil Passport

(sumber foto: liputan6.com)

Setelah proses selesai, e-passport bisa diambil dalam kurun waktu 1 minggu setelahnya

Dengan memiliki e-passport, maka Anda kini bisa melakukan aktivitas traveling lebih menyenangkan. Selain itu, Anda juga bisa mengunjungi negara sakura tanpa harus melakukan apply visa yang sangat rumit prosedurnya dan cukup mahal. Melalui adanya kebebasan yang demikian ini, Anda akan bisa menikmati liburan yang lebih menyenangkan ke beberapa negara lain yang memberlakukan e-passport. Itulah beberapa manfaat e-passport sekaligus cara buat e-passport yang perlu diketahui.

One Way Round Trip
Green switch
1

BACA JUGA: Ini 5 Wisata Balon Udara di Asia tenggara

BACA JUGA: Tips dan Cara Mudah Membuat Paspor Online di Tahun 2019

BACA JUGA: Blog Koperansel Lainnya

Berlangganan newsletter special promo dan penawaran terbaik